Situs Promosi Arsitektur

Situs Promosi Arsitektur

Tampilkan produk Anda di sini. More »

Inovasi terbaru

Inovasi terbaru

Setiap hari ada inovasi baru More »

Asuransi Jiwa Indonesia

Asuransi Jiwa Indonesia

Banyak perusahaan asuransi menawarkan produk-produk unggulan. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda More »

Kontraktor di Bogor

Kontraktor di Bogor

Kontraktor rumah mewah More »

Selamatkan bumi dari pemanasan global dan penebangan liar

Selamatkan bumi dari pemanasan global dan penebangan liar

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

 

Pengenalan software arsitektur digital

PENGANTAR PENGENALAN SOFTWARE ARSITEKTUR

 


Pembicaraan mengenai arsitektur dijital tidak akan pernah terlepas dari teknologi komputer, baik mengenai perangkat keras (hardware), maupun perangkat lunak (software). Software memegang peranan yang sangat penting dalam dunia arsitektur dijital. Software merupakan sebuah alat atau tools yang membantu pekerjaan arsitek dalam proses perancangan dengan teknologi dijital. Dalam hal ini, fungsi software dapat dikelompokkan menjadi 3 :

Penggalian ide/ gagasan
Proses disain selalu diawali dengan penggalian gagasan awal dari arsitek sebagai cikal bakal disain yang kemudian dikembangkan dan ditransformasikan menjadi sebuah desain.Dari inspirasi, dikembangkan menjadi eksplorasi. Tiap arsitek mempunyai cara-cara tersendiri dalam menggali ide/ gagasan awal ini. Dalam dunia dijital, ada istilah digital thinking dimana teknologi dijital telah merambah hingga proses eksplorasi ide/ gagasan. Dengan demikian, beberapa softwarepun bermunculan untuk memudahkan sang arsitek mengeksplorasi ide-ide gagasannya.

Anyone with a dream and a computer can draw floor plans, house elevations, and 3D pictures using these easy home design software programs. All of these programs are affordable, and some are even free.

Zaha Hadid termasuk salah satu contoh arsitek yang mengeksplorasi ide dan gagasan awal dengan bantuan teknologi dijital. Dalam sebuah film, digambarkan bagaimana seorang Zaha hadid memulainya dengan memecah kotak-kotak kemudian menyusunnya secara acak dalam beberapa fase, melakukan proses dekonstruksi, kemudian menatanya kembali, hingga akhirnya memperoleh sebuah bentuk sesuai dengan yang diinginkannya. Dengan cara kerja yang demikian, Zaha hadid pun memperoleh gelar sebagai salah seorang Diva dalam arsitektur dijital.

Analisis dan simulasi
Program planning arsitektur tidak dapat dilepaskan dengan beberapa aspek untuk mewujudkan desain yang berkualitas. Aspek kenyamanan thermal, lighting, penghawaan, sistem struktur, maupun utilitas merupakan bagian yang harus dipertimbangkan dalam desain. Dalam hal ini, software dapat membantu arsitek untuk menganalisis aspek-aspek tersebut melalui simulasi berdasarkan data-data di lapangan dan mampu memberikan hasil dan prediksi yang tepat/presisi. Beberapa contoh software yang sering digunakan diantaranya adalah Ecotect, Pshyco Chart, SAP, Flovent, dan lain-lain.

· Finishing product Bagian akhir dari proses perancangan arsitektur adalah mempresentasikan ide dan konsep rancangan dalam bentuk gambar pra rancangan, baik 2Dmaupun 3D. Saat ini, hamper semua produk desain arsitektur dipresentasikan dalam bentuk dijital yang dengan kehebatannya mampu menampilkan gambar yang terkesan nyata. Bahkan berbagai macam perusahaan saling berlomba-lomba untuk menciptakan dan mengembangkan software yang memudahkan arsitek dalam mewujudkan rancangannya. Beberapa contoh software yang cukup terkenal diantaranya : 3Ds Max, Archi CAD, Sketch Up, dan lain-lain.

Selain 3 fungsi diatas, beberapa software juga mempunyai peran dalam proses publikasi desain arsitektur. Perkembangan teknologi internet yang telah melampaui batas ruang dan waktu menjadikan arsitek dengan mudah mempublikasikan karyanya ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang sangat singkat. Komunikasi dengan klien yang dulunya harus melalui the real space atau bertatap muka secara langsung kini dapat digantikan melalui dunia virtual, baik email, teleconference, maupun dunia 3G. Software juga mampu menjadi pengolah dan penyimpan data-data yang diperlukan arsitek sesuai dengan kebutuhannya, seperti estimasi anggaran, jadwal pelaksanaan proyek, pemetaan site/kawasan, dan lain-lain. Dengan adanya software, arsitek akan lebih mudah membuat database terkait dengan proyek yang dijalaninya. Dengan melihat fungsi dari berbagai macam software diatas, dapatlah diambil kesimpulan bahwa peran software dalam arsitektur dijital sangat penting, karena dapat mencakup seluruh proses desain. Akan tetapi, saat ini yang paling mendominasi adalah software-software yang berfungsi dalam proses finishing product. Untuk software-software dalam proses analisis, sudah mulai banyak digunakan namun belum secara menyeluruh. Adapun dalam proses eksplorasi desain, masih sedikit sekali arsitek yang mulai menggunakannya. sehingga, dapat dikatakan bahwa pada masa transisi menuju era dijital ini, masih terjadi percampuran teknik dalam proses desain. Pada fase tertentu sudah menggunakan teknologi dijital, namun pada fase tertentu masih bertahan dengan teknik manual. KSP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *