Situs Promosi Arsitektur

Situs Promosi Arsitektur

Tampilkan produk Anda di sini. More »

Inovasi terbaru

Inovasi terbaru

Setiap hari ada inovasi baru More »

Asuransi Jiwa Indonesia

Asuransi Jiwa Indonesia

Banyak perusahaan asuransi menawarkan produk-produk unggulan. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda More »

Kontraktor di Bogor

Kontraktor di Bogor

Kontraktor rumah mewah More »

Selamatkan bumi dari pemanasan global dan penebangan liar

Selamatkan bumi dari pemanasan global dan penebangan liar

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

 

Villa Nova di Gedong (menunggu) roboh

Villa Nova di Gedong (menunggu) roboh

 

dari:Warta Kota 2 April 2011
Villa Nova Gedong, bangunan bersejarah peninggalan zaman Belanda yang dikenal dengan landhuis Groenveld atau Landhuis Tanjung Timur di jalan TB.Simatupang, Condet, Jakarta Timur kini tinggal menunggu runtuh.
Padahal gedung yang dibangun tahun 1756 ini memiliki nilai sejarah penting dan merekam perjalanan perkembangan pinggiran kota Jakarta.

Nama gedung ini nantinya menjadi cikal bakal nama Kelurahan Gedong di Kecamatan Pasar Rebo. Pasalnya, pada zamannya warga kerap menyebut bangunan ini dengan sebutan Gedong.
Untuk sebuah Landhuis atau rumah peristirahatan, Landhuis Groenveld atau landhuis Tanjung Timur ini adalah yang terbesar di Batavia pada zamannya.
Landhuis adalah bangunan besar pada zaman Kolonial Belanda yang dibangun sebagai tempat peristirahatan keluarga tuan tanah di wilayah Batavia waktu itu.

Pantauan Warta Kota ,Jumat (1/04) siang, bangunan bersejarah ini nampak terbengkalai dan tingal menunggu runtuh. Bangunan dikelilingi oleh asrama Polri serta hanya tinggal berupa reruntuhan dan sebagian kecil sja masih berdiri.
Landhuis ini terletak di sebelah timur Kali Ciliwung atau di seberang Lapangan Rindam Jaya. Masyarakat sekitar menyebutnya Landhuis Tanjung Timur. Namun ada juga yang menyebutnya Villa Nova Gedong. Saat kemerdekaan, Landhuis Tanjung Timur ini dijadikan asrama polisi.
Kepala UPT Kota Tua, Candrian Attahiyat ,menjelaskan pada SK Gubernur tahun 1972 bangunan Villa Nova Gedong ini masih termasuk dalam bangunan cagar budaya yang mesti dilindungi. Namun setelah terbakar pada tahun 1985, keluar lagi SK Gubernur tahun 1993 yang menyatakan bangunan tersebut tidak lagi termasuk dalam cagar budaya. “Alasannya karena bentuk fisiknya sudah tidak utuh dan sulit diselamatkan.” Katanya. (Budi Sam Law Malau).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *