Situs Promosi Arsitektur

Situs Promosi Arsitektur

Tampilkan produk Anda di sini. More »

Inovasi terbaru

Inovasi terbaru

Setiap hari ada inovasi baru More »

Asuransi Jiwa Indonesia

Asuransi Jiwa Indonesia

Banyak perusahaan asuransi menawarkan produk-produk unggulan. Pilihlah yang paling sesuai kebutuhan Anda More »

Kontraktor di Bogor

Kontraktor di Bogor

Kontraktor rumah mewah More »

Selamatkan bumi dari pemanasan global dan penebangan liar

Selamatkan bumi dari pemanasan global dan penebangan liar

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

 

Arsitek Fauzi Bowo

Fauzi Bowo Dr.Ing.Fauzi Bowo


Fauzi Bowo lahir dengan nama Muhammad Fauzi Bin Johari Bin Bowo, di Kebun Kelapa (Batu Tulis), Jakarta Pusat pada tanggal 10 April 1948. Fauzi berasal dari keluarga Betawi yang taat beragama. Kakeknya adalah pendiri N.UFauzi Bowo Fauzi Bowo lahir dengan nama Muhammad Fauzi Bin Johari Bin Bowo, di Kebun Kelapa (Batu Tulis), Jakarta Pusat pada tanggal 10 April 1948.
Fauzi berasal dari keluarga Betawi yang taat beragama. Kakeknya adalah pendiri N.U

Pria berdarah Jawa-Betawi putra dari pasangan Djohari Adiputro Bowo asal Yogyakarta dan Nuraini binti Abdul Manaf asal Jakartaini menamatkan pendidikan tingkat sekolah dasar di SD St. Bellarminus. Kemudian ia melanjutkan jenjang pendidikan tingkat menengah dan atas di Kolese Kanisius Jakarta. Setelah menamatkan pendidikan SMA, ia mengambil studi Arsitektur bidang Perencanaan Kota dan Wilayah dari Technische Universität Braunschweig Jerman dan tamat 1976 sebagai Diplom-Ingenieur. Program Doktor-Ingenieur dari Technische Universität Kaiserslautern bidang perencanaan diselesaikannya pada tahun 2000.

Fauzi Bowo memulai kariernya dengan mengajar di Fakultas Teknik UI. Ia bekerja sebagai pegawai negeri sejak tahun 1977. Beberapa posisi yang pernah dijabatnya antara lain adalah sebagai Kepala Biro Protokol dan Hubungan Internasional dan Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta sampai menjadi Wakil Gubernur (era kepemimpinan Sutiyoso) dan Gubernur DKI Jakarta ke 15, hingga kemudian menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Jerman.

Sebagai birokrat, Fauzi telah menempuh Sepadya (1987), Sespanas (1989), dan Lemhannas KSA VIII (2000). Ia adalah wakil gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada masa kepemimpinan Gubernur Sutiyoso.

Fauzi Bowo menikah dengan Hj. Sri Hartati pada tanggal 10 April 1974. Hj. Sri Hartati adalah putri dari Sudjono Humardani, kelahiran Semarang, 29 Agustus 1953. Dari pernikahan ini, pasangan Fauzi Bowo dan Sri Hartati dikaruniai 3 orang anak: Humar Ambiya (20 Juli 1976), Esti Amanda (5 April 1979) dan Dyah Namira (1 Februari 1983).

Teknokrat sekaligus Birokrat Ia meraih gelar Doktor Ingenieur dari Fachbereich Architektur/Raum Und Umweltplanung-Baungenieurwesen Universitat Kaiserlautern Republik Federasi Jerman, 2000, ini seorang pekerja keras dan berdisiplin. Sebelumnya, beliau masuk Fakultas Teknik Universitas Indonesia 1966-1967, sebelum kemudian melanjutkannya di Technische Universitat Brunschweig, Jerman. Dari universitas ini dia meraih gelar Sarjana Arsitektur, bidang Perencanaan Kota dan Wilayah.

Beberapa tahun kemudian, dia melanjutkan pendidikan arsitekturnya pada Universitat Kaiserlautern, Jerman, dan memperoleh gelar Doktor Ingenieur (Ing) dengan predikat Cum Laude, saat itu ia menengajukan disertasinya mengenai pola tata ruang kota Jakarta.

Fauzi merintis karies sebagai Kepala Biro II Pemda DKI yang membawanya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Menikah dengan Hj. Sri Hartati dan dikaruniai tiga orang anak, kemudian mendalami pendidikan pemerintahan dan kepemimpinan dengan mengikuti Sespanas (1989) dan Lemhanas (2000).
Fauzi Bowo lebih akrab dipanggil Foke adalah contoh birokrat sekaligus teknokrat yang profesional namun merakyat. Beliau telah mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur DKI periode 2007 oleh beberapa partai, LSM dan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi .Sebelumnya dia berpasangan dengan Sutiyoso, dan terpilih sebagai Wakil Gubernur pada periode sebelumnya. Diperkirakan, Fauzi Bowo akan menggantikan Sutiyoso melalui Pilkada langsung 2007.Demikian pula kiprahnya di organisasi olahraga, ia sempat mengikuti “pusdik”sepakbola di MBFA, Lapangan Banteng ketika masih muda, sedangkan ketika menjadi pejabat, ia sempat menjadi ketua umum IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dan Ketua KONI DKI Jakarta.
.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *